Hari Kesaktian Pancasila 2023,Ketua Kwarda : Melalui Gerakan Pramuka akan tumbuhkan Generasi Patriot

By Selamet Untung Suropati, S.Pd.I 01 Okt 2023, 21:19:51 WIB Kegiatan
Hari Kesaktian Pancasila 2023,Ketua Kwarda : Melalui Gerakan Pramuka akan tumbuhkan Generasi Patriot

Bandar Besty - Hari Peringatan Kesaktian Pancasila tahun 2023 tingkat Provinsi Sumatera Utara digelar di Tugu Letda Sujono, Kebun PTPN 3 Bandar Besty, Desa Bandar Manis, Kecamatan Pematang Bandar, Kabupaten Simalungun, Minggu (1/10/2023).

Bertindak sebagai inspektur upacara Penjabat Gubernur Sumatera Utara Mayjen TNI (Purn) Dr Hasanuddin.

Dalam upaca itu dihadiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara, Jajaran TNI, Polri, Ormas, juga pengurus Kwartir Daearah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sumatera Utara.

Jajaran pengurus yang hadir antara lain Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumatera Utara, H Nurdin Lubis SH MM, Sekretaris Kwarda Sumut Dr Rajab Pasaribu, Waka Orgakum OK Zulkarnain, Waka Humas Elyuzar Siregar, Sesbid Bela Negara Kolonel Marhatalan Siagian, Kapusinfo Sugiatmo, Yudha Pratidina, dan Rasyid Pane.

Pj Gubernur Sumatera Hasanuddin usai upacara kepada wartawan mengatakan, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Bandar Besty ini adalah untuk mengenang kembali jasa para pejuang dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan kekejaman antek-antek Partai Komunis Indonesia (PKI) dalam merongrong persatuan bangsa.

"Para generasi muda ayo belajar sejarah agar tumbuh cinta pada tanah air," ujar Hasanuddin.

Ketua Kwarda Sumatera Utara, H Nurdin Lubis pada kesempatan itu menambahkan, bahwa bukti sejarah kekejaman PKI itu ada di Bandar Besty sehingga dibangun monumen tugu Letda Sujono. Dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini akan kembali mengenang sejarah perjuangan para pahlawan bangsa, sekaligus adanya pemberontakan yang dilakukan oleh PKI.

"Melalui pendidikan kepramukaan maka akan tumbuh pada diri generasi penerus bangsa nilai-nilai patriotisme dan kecintaan terhadap negara," ujar Nurdin Lubis.

Usai upacara Kak Nurdin berkesempatan menyapa salah seorang anggota Pramuka dari Kwartir Cabang Simalungun yang dipercayakan membacakan teks Pembukaan UUD 1945, dan poto bersama dengan adik-adik Pramuka yang hadir dalam acara itu.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment