Kwarcab Kota Medan Gelar Karang Pamitran Tahun 2024

By Selamet Untung Suropati, S.Pd.I 28 Jan 2024, 14:07:59 WIB Kwartir Cabang
Kwarcab Kota Medan Gelar Karang Pamitran Tahun 2024

Medan - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Medan, menggelar Karang Pamitran, Minggu (28/1/2024) di Lapangan Perguruan Pancabudi, Jalan Gatot Subroto Medan.

 

Karang Pamitran adalah pertemuan pembina Pramuka dari 21 Kwartir Ranting Gerakan Pramuka se Kota Medan.

 

Ketua Kwarcab Medan, Topan OP Ginting, melalui Sekretaris Cabang Disti Nuaridho, mengatakan, Karang Pamitran adalah kegiatan untuk mempererat hubungan kekeluargaan dan persaudaraan.

 

Sekretaris Kwarcab Medan menyampaikan, pembinaan Gerakan Pramuka di Kota Medan harus tetap semangat dan solid, sebagaimana pesan Walikota Medan Kak Bobby Afif Nasution.

 

Dikatakannya, Gerakan Pramuka adalah sebagai salah satu mitra Pemko Medan karena walikota sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang.

 

Pada kesempatan itu Disti menyampaikan apresiasi kepada penanggungjawab yakni Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Dewasa Kwarcab Kota Medan.

 

Disebutkan Ka.Kwarcab, kegiatan ini diselenggaran oleh Kwarcab Medan secara mandiri.

 

Lebih lanjut dikatakan, Pramuka di Kota Medan saat ini sedang masa pemulihan pasca Covid-19 dan belum kembali normal. Diharap Kwarcab Kota Medan segera pulih.

 

Diungkapkan, jumlah pangkalan di Kota Medan sekitar 900 pangkalan. Walau belum ada data valid berapa jumlah pembina, namun belum sebanding dengan pangkalan yang ada.

 

Disisa masa jabatan Kwarcab Medan, lanjut Disti, pengurus Kwarcab harus melakulan konsolidasi besar-besaran.

 

Disti berpesan kepada jajaran pemibina dan pengurus untuk menggalakkan kembali semangat kemandirian. "Mari kembali kita galakkan semangat kemandirian di jajaran Kwarcab Medan," ujar Disti.

 

Walau ada anggaran, katanya, jangan menjadi manja sehingga tidak berkegiatan jika tidak ada anggaran.

 

"Di saping didukung anggaran namun tetap mengedepankan kemandirian seperti halnya kegiatan Karang Pamitran ini,".

 

Diungkapkan, menyosong generasi emas, 21 tahun ke depan para generasi muda yang akan mengisi kemerdekaan. Salah satu upaya memberikan kontribusi di era generasi emas itu adalah dengan mencetak Pramuka Garuda disetiap tingkatan.

 

Hal itu dapat dicapai jika para pembina memiliki sumber daya manusia yang berkualitas yang ditularkan kepada peserta didik.

 

"Terimakasih kepada binawasa yang telah menginisiasi kegiatan ini," tutup Desty.

 

Penanggungjawab kegiatan yang juga Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Dewasa Kwarcab Medan, Ade Azmil Nasution menambahkan, Karang Pamitran ini diimuti 21 kwaran dengan 230 orang peserta pembina pramuka.

 

Selain silaturahmi, melalui Karang Pamitran ini untuk melakukan penyamaan tentang pelaksanaan tata upacara buka dan tutup.

 

"Semoga melalui Karang Pamitran ini akan terjalin keakraban dan silaturhami yang kuat di jajaran pembina Gerakan Pramuka," kata Ade Azmil.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment