Penuhi Kebutuhan Pelatihan Yang Berkualitas, Kwarda Sumut Gelar KPD 2023 Wilayah Tapanuli

By Ika Rahmadani 28 Nov 2023, 17:47:39 WIB Kegiatan
Penuhi Kebutuhan Pelatihan Yang Berkualitas, Kwarda Sumut Gelar KPD 2023 Wilayah Tapanuli

Padang Sidempuan - Kwarda Sumut Konsisten menyelenggarakan berbagai Kursus Untuk memenuhi Kebutuhan Kader Pelatih dan Pembina Pramuka yang berkualitas dan tersertifikasi resmi.

Ketua Kwardasu, Kakak H. Nurdin Lubis resmi membuka Kursus Pelatih Dasar (KPD) Wilayah Tapanuli Kwardasu Tahun 2023 bertempat di PIA Hotel Batunadua Jae Sidempuan,dalam Acara pembukaan juga dihadiri oleh Waka Bid.Binawasa Kwardasu Kakak Zaenal Abidin, Ketua LPK Kwardasu Kakak Ibnu Hajar MPd, Kapusdiklatdasu Kakak Pranajaya, Kapusinfo Kwardasu Kak Sugiatmo , Sekretaris Belanegara Kak Marhatalan Siagian,Kepala Sekretariat Kak Syamsul Hanafiah Nasution dan staf kwarda lainnya.(28/11/2023)


Salah satunya adalah peningkatan sumber daya pelatih melalui kursus-kursus, mulai dari Kursus Mahir Dasar, Mahir Lanjutan, Kursus Pelatih Pembina Tingkat Dasar, Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Lanjutan, dan memenuhi Kebutuhan Pelatih di Setiap Kwartir Minimal tersedia 4 Pelatih di setiap Kwartir.
“Ini adalah upaya Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas pelatih Pramuka,” ujar Ketua Kwarda Sumut Kak H. Nurdin Lubis, S.H., M.M. saat membuka Kursus Pelatih Dasar  Pramuka Sumut  yang di selenggarakan khusus di wilayah Tapanuli yang terdiri dari  Kwarcab Kota Padangsidimpuan, Kwarcab Madina, Kwarcab Tapanuli Selatan, Kwarcab Toba, Kwarcab Labura, Kwarcab Labusel,Kwarcab Humbang Hasundutan ,Kwarcab Padang Lawas dan Kwarcab Serdang Bedaga.

Kak Nurdin Lubis Mengatakan, kuantitas pelatih di jajaran Kwarda Sumut sudah hampir mencukupi, namun sebarannya di setiap Kwartir Cabang tidak seimbang.

Secara  kuantitas pembina yang sudah mengikuti Kursus kursus di Sumatera Utara sudah Cukup banyak Namun masih ada kwartir cabang yang sama sekali pembinanya belum mengikuti Kursus Pelatih Dasar ,” tegasnya.

Untuk mengatasi hal ini, kata Kak Nurdin, Kwarda Sumut pada tahun anggaran 2024 nantinya Kwarda Sumut  akan menggelar Kursus Pramuka  Mahir.

Data Kwarda Sumut secara kuantitas pembina yang sudah mengikuti Kursus Pelatih Pembina Mahir Dasar sebanyak 215 orang, dan yang sudah mengikuti Kursus Pelatih Pembina Mahir Lanjutan sebanyak 317 pembina. Namun masih ada kwartir cabang yang sama sekali pembinanya belum mengikuti Kursus Pelatih Pembina Mahir Lanjutan.


Dipaparkan Kak Nurdin Lubis, dalam implementasi pendidikan Pramuka tentunya juga diajarkan tentang bagaimana cara berpikir kreatif dan edukatif, untuk dapat meningkatkan keterampilan anggota Pramuka yang berada di Gerakan Pramuka.

Dengan adanya pelatih yang berkualitas dan memiliki kreatifitas yang tinggi, para kaum muda yang menjadi anggota Pramuka yang dilatih pun, tentunya akan dapat lebih terampil dan akan terus diupayakan untuk siap masuk di dunia kerja.

Tugas pokok Gerakan Pramuka adalah, lanjut Kak Nurdin, menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa, agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab dan mampu membina serta mengisi kemerdekaan nasional, serta membangun dunia yang lebih baik.

Kak Nurdin menegaskan agar peserta mengikuti kursus ini dengan baik dan gali ilmu sedalam-dalamnya dari para pelatih. Karena sebagai pelatih harus memiliki wawasan yang luas dengan tantangan yang cukup berat.


Sebelumnya Waka Binawasa Kak Zainal Abidin  mengatakan, pelatih adalah kebutuhan organisasi yang idealnya setiap Kwartir Ranting memimiliki 4 orang pelatih  Pramuka. Sebaran pelatih harus merata dan seimbang.

“Seorang pelatih itu pelatih mempunyai tugas berat karena dituntut untuk menjadi tauladan kunci, mampu memanajemen, mengaplikasikan ilmu yang dimiliki, memiliki wawasan yang luas, memiliki atitute, serta mampu sebagai contoh,” ujar Kak Zainal.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment